BLOGSPOT.COM, PLATFORM NGEBLOG SIMPEL DENGAN SEGALA KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

Saat ini ngeblog sudah banyak diminati oleh banyak orang, khususnya perempuan yang menjadikan blog sebagai side hustle mereka. Lumayankan, selain bisa menyalurkan hobi menulis, kita bisa dapat uang tambahan dari ngeblog. Namun, apakah semua itu bisa berjalan dengan mudah? Waw, tidak boend!. Pasti ada titik nol yang harus dirintis, terutama saat mengawali "karir" sebagai seorang blogger. 

Sebelumnya aku pernah cerita bahwa aku sudah mengenal dunia blog sejak tahun 2012 dan sudah tiga kali ganti alamat blog. Satu kesamaan di antara alamat blog yang pernah aku miliki ialah: aku pakai blogspot.com. Aku belajar ngeblog secara otodidak, sebelum masuk komunitas seperti sekarang. Aku belajar sendiri tentang platform yang mudah digunakan untuk blogger pemula, belajar sendiri kegunaan tools yang ada di platform tersebut, yah bermodal baca referensi sana sini dan utak atik fitur sendiri. 


Menurutku, blogspot.com lebih mudah untuk dioperasikan. Tampilannya pun nggak rumit dengan pilihan template blog yang sederhana juga. Cocoklah untuk para pemula yang baru belajar mengenal platform tetapi ingin langsung eksekusi menulis di blog. Cara membuatnya pun gampang banget, cukup punya akun gmail, aku sudah bisa bikin blogku sendiri. 

Jika ada teman yang menanyakan "enaknya pakai platform apa ya untuk belajar ngeblog?" aku selalu jawab "pakai blogspot aja, simpel", karena ya memang sesimpel itu menggunakannya. Pas aja menurutku untuk memulai, setelah udah konsisten ngeblognya baru deh ganti dengan domain berbayar. 

Namun, dalam memilih platform tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing individu ya. Tingkat kenyamanan orang pun beda-beda dan sesimpel-simpelnya platform blogspot.com, pasti punya kelemahannya juga. Aku mau sharing nih kelebihan dan kelemahan dari platform blogspot.com yang aku kutip dari buku Ngeblog dari Nol Panduan Lengkap Belajar Blogging untuk Pemula. 

Kelebihan Blogspot:

  1. Mudah dioperasikan.
  2. Banyak tersedia pengembangan template blog baik gratis maupun berbayar.
  3. Template dapat diatur sesuka hati (open source).
  4. Kapasitas penyimpanan di Google Drive gratis sebesar 15GB.
  5. Domain dapat dikustominasi.
  6. Dapat dimonetasi dan dapat digabung dengan Google Adsense.
  7. Punya kode template yang terbuka untuk blogger, sehingga artikel yang ditulis bisa SEO Friendfly karena dioptimalkan dengan SEO Onpage.
  8. Mendukung Javascript.
Kekurangan Blogspot:
  1. Tampilannya masih sederhana.
  2. Template bawaan yang ada kurang menarik dan kurang profesional (secara penampilan)
  3. Editing post fiturenya kurang lengkap, sehingga kurang leluasa dalam menulis artikel.
  4. Statistik kurang lengkap, harus memasang Google Analytics terlebih dahulu. 
Dari jabaran kelebihan dan kekurangan di atas, aku rasa teman-teman bisa membayangkan bagaimana menggunakan platform blogspot.com untuk belajar ngeblog bagi pemula. Aku pribadi tetap memilih platform ini dengan mengoptimalkan kelebihannya. Namun, balik lagi ke pilihan masing-masing yah, mau pakai platform yang mana. Pastinya mau apapun platoform blog yang digunakan, tulisan yang disajikan harus berkualitas dong. Ya nggak?😎


Referensi: 
Yuliandari, W., dkk. 2021. Ngeblog dari Nol, Panduan Lengkap Belajar Blogging untuk Pemula. Wonderland Publisher

#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022
#BPN30DayRamadanBlogChallenge2022Day13

Comments

Popular Posts